Selasa, 25 Mei 2010

Facebook Benahi 'Bug' Hapus Teman


INILAH.COM, Jakarta – Facebook menyatakan telah membenahi cacat yang menyebabkan peretas bisa menghapus teman tanpa disadari pemiliknya. Bug itu fatal karena semua kontak teman bisa hilang.

Cacat tersebut dilaporkan pada Rabu (19/5) oleh Steven Abbagnaro, seorang mahasiswa Marist College di Poughkeepsie, New York. Masalah itu ditambal oleh Facebook setelah IDG News Service memberitahu isu tersebut, sebagaimana dilansir Yahoonews.

Bug tersebut merupakan variasi dari kerentanan yang diketahui Facebook sepekan sebelumnya, di mana mampu mempengaruhi satu rentang fitur di situs tersebut.

Peretas mampu memanfaatkan cacat tersebut untuk menghapus semua kontak teman korban.

Seorang pengguna bisa tertipu untuk mengklik sebuah link web berbahaya sementara masih log-in di Facebook.

Facebook telah berjuang keras pekan ini untuk memperbaiki bug tersebut, di mana banyak permintaan telah dibuat. Penyakit baru tersebut hadir karena kesalahan programming kode web di situs itu dan peneliti keamanan mengkritik karena tidak memperbaiki dengan segera.

“Kami sedang dalam proses melakukan audit penuh dan membangun proteksi tambahan untuk tipe serangan potensial di antara basis kode,” ujar Simon Axten, juru bicara Facebook. “Kami mulai bekerja seketika kami mempelajarinya dan mendorong perbaikan dengan secepatnya.”[ito]

0 komentar: